Siapkan Basis data Vaksinasi Covid -19 Keterangan Foto :

Siapkan Basis data Vaksinasi Covid -19

Sukadana, 8/2/2021, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara (KKU) telah menyiapkan basis data untuk keperluan vaksisnasi Covid 19. Basis data tersebut berupa Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2019 dan Data Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020.

Hal itu dikatakan Komisioner KPU KKU Effian Noer usai rapat pleno harian senin (8/2) di Kantor KPU KKU Jalan Bhayangkara Sukadana.

“Kita telah melaksanakan rapat secara aplikasi daring zoom dengan KPU RI Jum’at (5/2) malam dan diperintahkan untuk menyiapkan data pemilih untuk mendukung program nasional vaksinasi Covid 19”, Kata Effian.

Menurut Komisioner Ketua Divisi Perencanaan, data dan Informasi tersebut, permintaan data dimaksud yaitu Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal itu berdasarkan Surat KPU Republik Indonesia (RI) Nomor 134/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2021 tanggal 4 Februari 2021, bahwa Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri telah melaksanakan Rapat Kerja bersama KPU RI hingga menghasilkan sebuah kesepakatan KPU RI untuk ikut andil dalam mendukung program Nasional vaksinasi Covid-19 yaitu dengan menyiapkan data DPT sebagai basis untuk vaksinasi covid 19.

“ Kita sangat mendukung, apa lagi ini untuk kepentingan program vaksinasi covid-19. Ini harus direspon sebaik mungkin, kita berikan yang terbaik demi misi kemanusiaan dan kepentingan kebangsaan,“ungkap Effian Noer. 

Dia menjelaskan untuk Data DPT pemilu terakhir tahun 2019 KPU KKU telah tersedia bahkan telah  diadakan pemutakhiran dengan program Pemutakhiran Daftar Pemilu Berkelanjutan tahun 2020.

“Dari pemutakhiran tersebut terdapat pengurangan karena diantaranaya ada yang meninggal dunia dan pindah ke Kabupaten lain. Tetapi tentu ada penambahan yaitu pemilih pemula hasil penduduk rekaman KTP yang diserahakan  Disdukcapil ke KPU KKU”, jelas Effian.(eko)