SE 604 Tingkatkan Nasionalisme dan Solidaritas Berbangsa Keterangan Foto :

SE 604 Tingkatkan Nasionalisme dan Solidaritas Berbangsa

Sukadana, 5/7/2021. Rutinitas baru di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara (KKU) sejak awal Juli 2021 terlihat berbeda. Pasca terbitnya Surat Edaran KPU RI nomor 604, maka dalam tiap apel Senin kini diberlakukan pembacaan Teks Pancasila, Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Panca Satya KORPRI dan diperdengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya seiring dengan Penghormatan Bendera.

Selain itu, tiap Selasa sampai Jum'at diselingi dengan penghormatan bendera dan berdiri bersama saat mendengarkan lagu Indonesia Raya jelang siang hari.

Kebijakan ini boleh jadi diterbitkan dalam rangka untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan meningkatkan solidaritas berbangsa bernegara di lingkungan Sekretariat KPU seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU KKU, Rudi Handoko yang menyebutkan juga bahwa, kebiasaan baru yang dulu sering dilakukan semasa tingkatan sekolah dasar kini kembali digelorakan.

Pastinya dengan adanya kebijakan seperti ini sudah melalui pemikiran dan kajian yang mendalam akan dampak baik dan manfaatnya.

“ini penting bagi menumbuhkan semangat nasionalisme, untuk meningkatkan solidaritas dan soliditas berbangsa bernegara, terutama, apalagi di tengah keprihatinan nasional akibat pandemi ini,” imbuhnya.

Secara kelembagaan, KPU KKU mendukung kebijakan ini dan secara teknis akan diterapkan di KPU KKU dalam menjalankan aktivitasnya. (@kt)