Road Show Sosialisasi Pemilu 2019  KPU Bidik Komunitas Keterangan Foto : Tim KPU saat melakukan sosialisasi Pemilu, Doc. KPU

Road Show Sosialisasi Pemilu 2019 KPU Bidik Komunitas

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kayong Utara beberapa waktu terakhir gencar road show sosialisasi dibeberapa lokasi di Kayong Utara untuk mensosialisasikan Pemilu 2019.

Roadshow yang berisikan materi sosialisasi tentang pemilu tersebut dilakukan dengan menyasar komunitas seperti warganet, penyandang disabilitas, pemilih berbasis keluarga, perempuan, pemilih pemula dan masyarakat umum.

Dikatakan Komisioner KPU Kayong Utara, Nur Mus Jaefah, roadshow yang dilakukan dengan menggunakan berbagai macam metode, baik classroom maupun penyampaian dalam suasana diskusi interaktif.

“Intinya kita dapat menyampaikan dan mampu diterima kepada masing masing sasaran bahwa pemilu sudah dalam proses dan setiap tahapan sudah mulai dilalui, sehingga sebagai masyarakat harus tahu apa itu pemilu dan bagaimana ikut aktif dalam mensukseskan pemilu,” kata Nur Mus Jaefah.

Dalam beberapa kesempatan, sosialisasi yang dikemas dengan cara yang mudah diterima oleh masyarakat juga sering disampaikan poin poin penting tentang kapan pemilu dilaksanakan, siapa peserta pemilu, bagaimana menjadi pemilih, bagaimana memilih dan bagaimana berinteraksi dalam proses pemilu, bagaimana berkampanye, baik di media sosial maupun dilingkungan sehari hari.

“Beberapa contoh gambar tentang nama dan nomor urut peserta pemilu, contoh media yang bisa digunakan dalam mendapatkan informasi pemilu dan aplikasi KPU RI di android,” imbuhnya.

Sebagai bentuk evaluasi capaian sosialisasi, Komisioner dan Sekertatariat KPU Kayong Utara dipenghujung sosialisasi, menyisipkan game game ringan dengan doorprize khusus bagi setiap peserta yang mampu menyampaikan kesimpulan atau jawaban setiap kuis yang diberikan. (TIM)