Rekam Data Pemilih KPU Jajaki Kerjasama Penyuluh Kemenag Keterangan Foto :

Rekam Data Pemilih KPU Jajaki Kerjasama Penyuluh Kemenag

Sukadana (7/1/21). Terus berupaya meningkatkan kualitas perekaman data pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara (KKU) menjajaki kerjasana dengan petugas penyuluh dibawah Kementerian Agama (Kemenag).

Hal tersebut mengemuka pasca Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kayong Utara Sudirmansyah S. Ag, saat mewakili Kepala Kemenag dalam rapat pleno Pemjutahiran Data Pemilih Berkerlanjutan di KPU KKU, mengisyaratkan dukungan kepada KPU KKU dalam upaya peningkatan kualitas perekaman data pemilih baik yang potensial menjadi pemilih dan juga yang tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih.

Masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan warga yang meninggal atau pindah kepada pemerintah baik Dinas Kependudukan maupun KPU perlu disiasati, salah satunya perlunya kerjasama lintas lembaga untuk memanfaatkan sumberdaya yang dapat saling melengkapi dan mendukung, salah satunya mendata penduduk.

“Di Kemenag, terdapat 40 tenaga penyuluh di seluruh Kayong Utara yang tersebar disetiap desa, dan ini dapat dibangun komunikasi untuk saling mendukung, kami siap untuk ikut mensukseskan upaya KPU ini,” kata Sudirmansyah.

Dijelaskannya, masih rendahnya peran serta masyarakat untuk melapor terhadap warga yang meninggal atau pun pindah terutama ke KPU guna kepentingan data pemilih dimungkinkan juga belum tersedianya wadah atau pusat informasi pengaduan, sehingga dengan dibangunnya kerjasama lintas lembaga dapat mengatasi hal tersebut.

Ketua KPU KKU, Rudi Handoko sangat mengapresiasi upaya dibangunnya kerjasama lintas lembaga tersebut, dan dalam waktu dekat akan ditindaklanjuti dengan pertemuan silaturahim untuk menentukan teknis kerjasama itu.

“KPU selama ini sudah berupaya untuk membangun kerja sama dengan berbagai pihak, dan semakin banyaknya lembaga yang ikut mendukung, semoga dapat semakin valid data yang dihimpun oleh KPU,” kata Rudi Handoko.

Seperti diketahui, KPU KKU dan KPU secara nasional, setiap bulan melaksanakan pemutahiran data pemilih berkelanjutan dan dengan adanya kerjasama serta terus dimutahirkan diharapkan disaat kebutuhan data untuk keperluan pemilu atau pemilihan kepala daerah sudah tersedia data yang baik. (@kt).