RAKOR DPB KALBAR AGUSTUS 2020 Keterangan Foto : Anggota KPU Kabupaten Kayong Utara Divisi Program dan Data, Effian Noer sedang mengikuti Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan bersama KPU Provinsi Kalimantan Barat.

RAKOR DPB KALBAR AGUSTUS 2020

Sukadana, Rabu (16/09/2020), Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara (KKU) Effian Noer mengikuti Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) tingkat Provinsi Kalimantan Barat Periode Bulan Agustus Tahun 2020.

Rakor ini dihadiri 7 (tujuh) Anggota KPU Divisi Perencanaan Data dan Informasi di Provinsi Kalbar yang tidak melaksanakan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di antaranya KPU Kota Pontianak, KPU Kab Kubu Raya, KPU Kab Mempawah, KPU Kota Singkawang, KPU Kab Landak, KPU Kab Sanggau dan KPU Kab Kayong Utara. DPB Periode Bulan Agustus di KKU yaitu berjumlah 88.460 Pemilih dengan rincian 45.406 Pemilih Laki-laki dan 43.054 Pemilih Perempuan. Data tersebut telah disampaikan kepada KPU Provinsi Kalbar dan tidak ada perubahan sejak diplenokan pada hari Rabu, 9 September 2020 oleh KPU Kab Kayong Utara.

Dikatakan Anggota KPU KKU, Effian Noer, pada rapat ini kita sampaikan bahwa ada tambahan daftar inventarisasi masalah yang baru yaitu adanya fenomena laporan masyarakat yang tidak valid sehingga perlu adanya verifikasi dan cross check lebih lanjut terkait laporan-laporan yang diterima pihak Dinas yang menangani kependudukan dan  karena adanya tidak kesesuaian dengan keadaan sebenarnya contohnya warga meninggal yang dilaporkan namun ternyata warga tersebut masih dalam keadaan sehat”.

“Besar harapan mudah-mudahan kondisi seperti ini tidak terjadi lagi sehingga data kependudukan serta data pemilih dapat tersinkronisasi dan valid guna mensukseskan pemilihan selanjutnya dan Pemilu dapat terselenggara  dengan baik di KKU,” tegasnya. (Prodata)