Pertahankan Predikat WTP Evaluasi Kekurangan Untuk Disempurnakan Keterangan Foto :

Pertahankan Predikat WTP Evaluasi Kekurangan Untuk Disempurnakan

Sukadana (10/6/2021). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara (KKU) mengapresiasi dan siap mensukseskan pelaksanaan penyempurnaan pelaporan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP).

Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU KKU, M. Rusdiansyah usai mengikuti rapat koordinasi SPIP yang dilaksanakan KPU Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan secara virtual bersama KPU se Kalbar.

“Alhamduillah, dalam pelaporan SPIP, KPU KKU termasuk yang paling awal, namun diakui banyak catatan yang didapat yang disampaikan dalam rakor SPIP tadi, sehingga ini perlu menjadi catatan di KPU KKU untuk dilakukan penyempurnaan,” kata M. Rusdiansyah.

Dijelaskan M. Rusdiansyah yang mengutip pernyataan Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Ramdan, SPIP selama ini banyak pihak memaknai hanya sebagai laporan rutin saja, namun lebih dari itu, SPIP yang merupakan salah satu poin dalam mendukung predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang disandang oleh KPU tahun ini perlu mendapat dukungan semua pihak, dimana dalam penyusunannya perlu dukungan semua bidang didalam satuan kerja (Satker) yang bersangkutan, sehingga hal ini perlu dijadikan upaya koordinasi secara internal untuk pencapaiannya.

“Kedepan, SPIP akan menjadi bagian penting dalam setiap rapat pleno di KPU KKU, agara dapat dicermati ada atau tidak kendala serta bagaimana untuk mencapai target yang lebih baik,” imbuhnya.

sementara itu, Sekretaris KPU Provinsi Kalimantan Barat, Aliuk menjelaskan bahwa hasil evaluasi berjalan yang telah dilakukan oleh KPU Provinsi Kalimantan Barat di semua satker KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Barat, secara kualitas (isi) harus diperhatikan kembali. Penilaian tidak hanya berkaitan soal tepat waktu, namun juga kualitas isi laporan. “Berkaitan dengan isi laporan ini kami berharap betul-betul didalami dalam rangka mendukung efektifitas, efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi setiap satker. Oleh karena itu kami mohon dukungan dan support dari seluruh bagian dan divisi masing-masing Kabupaten dan Kota untuk bekerjasama mewujudkan pelaporan kinerja satker dengan kualitas yang semakin baik kedepannya”, kata Aliuk.

Dalam rapat virtual tersebut, ketua dan anggota KPU KKU, dalam rapat koordinasi SPIP ini, hadir juga plt. Sekertaris, subkoordinator serta operator SPIP. (Sfr)