Pengarahan dan Penyerahan SK CPNS Sekretariat Jenderal KPU RI Formasi Tahun 2019 Keterangan Foto : CPNS KPU KKU sebagai peserta mengikuti pengarahan dan penyerahan SK CPNS via zoom meeting

Pengarahan dan Penyerahan SK CPNS Sekretariat Jenderal KPU RI Formasi Tahun 2019

Kamis, 18 Februari 2021, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) melaksanakan pengarahan sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 di Kota Manado, Sulawesi Utara. Sebanyak 714 CPNS dari seluruh Satuan Kerja (Satker) KPU se-Indonesia mengikuti rangkaian kegiatan tersebut secara tatap muka maupun melalui dalam jaringan (daring) via Zoom Meeting, termasuk 3 orang CPNS  di lingkungan Sekretariat KPU Kabupaten Kayong Utara (KKU).

Menurut Lucky Firnandy Majanto, Plt. Kepala Biro SDM Sekretariat Jenderal (Setjen) KPU RI, jumlah pelamar CPNS tahun 2019  ini mengalami peningkatan, ”Total pelamar tahun ini sebanyak 14.235 orang, yang berhasil lulus menjadi CPNS 714 orang,  tersebar di 4 zona penempatan. Zona 1 sebanyak 194 orang, di zona 2 sebanyak 210 orang, adapun di zona 3 sebanyak 189 orang dan zona 4 sebanyak 121 orang.” Ujar Lucky.

Selain itu Plt Ketua KPU RI, Ilham Saputra dalam sambutannya berpesan kepada seluruh CPNS  KPU untuk lebih meningkatkan kompetensi. “Para CPNS yang lulus, kalian harus bangga menjadi bagian KPU, kalian adalah orang-orang terpilih dan berkualitas. Cepat belajar dan kuasai tugas pokok serta fungsi di satuan kerja masing-masing.  Bekerja dengan tekun dan rajin. Pahami regulasi yang ada dan bekerjalah dengan penuh integritas."

Senada dengan hal tersebut Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI, Bernard Dermawan Sutrisno menegaskan 3 hal penting dalam melaksanakan tugas pekerjaan kepada para CPNS, yaitu menjaga integritas, memperbanyak literasi serta selalu meningkatkan kompetensi diri.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan SK Pengangkatan CPNS  secara simbolis oleh Sekjen KPU RI didampingi oleh Ketua KPU Sulawesi Utara, Ardiles Mewoh. SK tersebut secara simbolis diterima perwakilan Sekretaris KPU Provinsi, yakni Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur, KPU Provinsi Sumatra Utara, Sekretaris KPU Provinsi Papua Barat dan Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan diakhiri dengan penyampaian materi pembinaan kepegawaian oleh Plt. Kepala Biro SDM Setjen KPU RI, yang mempresentasikan materi bunga rampai pembinaan kepegawaian SDM KPU, meliputi budaya kerja, kebijakan kepegawaian, pengisian jabatan dan status kepegawaian, disiplin PNS, kinerja PNS, dan pengembangan kompetensi.