Pemilahan Dan Dokumentasi Hasil Pemilu 2019 Keterangan Foto :

Pemilahan Dan Dokumentasi Hasil Pemilu 2019

(11/06/2020) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara (KKU) melakukan upaya pemilahan dokumentasi hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Pemilahan dokumentasi hasil Pemilu 2019 dilakukan dengan beberapa kegiatan baik dokumentasi fisik dan dokumentasi dengan cara mendigitalisasi hasil Pemilu 2019.

Dikatakan Anggota KPU Kabupaten Kayong Utara, Abdul Khoir Triwibowo, hasil Pemilu sudah dilakukan publikasi secara umum, baik diserahkan kepada para peserta Pemilu, Bawaslu ataupun dipublikasi dipapan pengumuman dan media massa.

Pemilahan dan dokumentasi hasil Pemilu dilakukan selain menjadi tugas dan kewajiban KPU sebagai penyelenggara Pemilu, juga untuk memberi kesempatan para ASN dilingkungan KPU KKU untuk membaca, memilah dan mempelajari hasil Pemilu yang telah dilaksanakan guna mendapatkan dokumen yang berkualitas dan pengalaman untuk Pemilu kedepan yang lebih baik.

“Data pemilu 2019 sudah selesai, dan hasil pemilu sudah diketahui, namun pengamanan hasil pemilu perlu dilakukan, pencermatan dan penyimpanan secara baik,” kata Abdul Khoir.

Proses pemilqhan dan pendokumentasian hasil pemilu, secara fisik dengan memilah dan memilih dokumen pemilu berupa fisik dan untuk dokumen tersebut selanjutnya dilakukan duplikasi secara digital untuk memperpanjang usia dan keamanan dokumen tersebut.

“Upaya penyimpanan dokumen perlu dilakukan, dan hal itu menjadi salah satu manfaat lain dilaksanakannya kegiatan ini,” imbuhnya.

Beberapa pihak di lingkungan Sekertariat KPU Kabupaten Kayong Utara turut terlibat baik pegawai sekertariat maupun komisioner agar pemilahan serta penyimpanan dilakukan secara terkontrol. (Akt)