MoU Pemkab dan KPU KKU, KI : Dapat dijadikan Percontohan Keterangan Foto :

MoU Pemkab dan KPU KKU, KI : Dapat dijadikan Percontohan

Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Barat, Rospita Vici Paulyn mengapresiasi adanya Nota Kesepahaman (Momorandum Of Understanding atau MoU) antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara (KKU) dengan Pemerintah Kabupatennya, Kamis (9/9) di Sukadana.

Hal tersebut disampaikan Rospita Vici Paulyn saat menyampaikan persentasi pada kunjungan kerja KI ke KPU KKU dalam penilaian keterbukaan informasi lembaga kepada publik yang hadir bersama 3 anggota KI lainnya.

“Adanya MoU ini menjadi catatan kami tersendiri, baru KPU ini (KPU KKU.red) yang sudah melakukan MoU dengan Pemerintah Kabupatenya, ini terlihat sudah tidak ada lagi ego sektoral antar lembaga dalam memberi pelayanan dan sudah mengarah ke keterbukaan informasi kepada masyarakat dan ini dapat dijadikan contoh kedepannya untuk daerah lain,” kata Rospita Vici Paulyn

Selain itu, Ketua KI Kalbar ini juga menyampaikan, untuk KPU KKU sendiri ini adalah penilaian KI yang kedua, dimana terjadi perubahan baik yang sangat signifikan sekali dibanding penilaian sebelumnya. selain itu ada beberapa kabupaten dimana kepala daerahnya belum berkomitmen dalam keterbukaan informasi lain untuk kabupaten yang sudah komitmen terhadap keterbukaan informasi yang ditahun berikutnya dengan dibuktikan adanya MoU dan perjanjian kerjasama dengan pemerintah kabupaten.

 “KI Kalbar bertugas untuk mengawal keterbukaan informasi di Kalbar selain itu KI juga melakukan penilaian dan evaluasi keterbukaan informasi pada nantinya hasil dari penilaian dan evaluasi ini akan kami laporkan terbuka kepada masyarakat dan kepada gubernur sebagai catatan badan publik mana saja yang sampai saat ini masih dinilai blm terbuka terhadap informasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU KKU, Rudi Handoko dalam sambutannya, berharap apa yang dihasilkan dari kunjungan KI di KPU KKU mendapatkan catatan catatan baik dan dapat diberikan masukan dan koreksi atas kekurangan KPU KKU dalam upaya perbaikan pelayanan keterbukaan informasi publik.

“Kami menjadi salah satu satker yang dituntut untuk terbuka dalam informasi, dan dengan adanya kunjungan dan penilaian KI seperti ini dapat menjadi tolak ukur terhadap kinerja kami untuk terus berbenah menjadi lebih baik, kami tidak akan dapat menilai kami ini terbuka atau tertutup dalam penyampaian informasi jika tidak dinilai oleh pihak lain, dan KI salah satu lembaga yang bertugas untuk itu,” kata Rudi Handoko.

Dalam kunjungan kerja KI ke KPU KKU, hadir anggota KI Kalbar mendampingi Ketuanya yakni, Lufti Faurusal Hasan,  Sy. Muhammad Herry, Muhammad Darusalam dan dalam kunjungan perdana ini, seluruh komisioner dan sekertariat KPU KKU mendampingi hingga peninjauan pusat layanan publik dan prasarana pendukungnya. (@KPUKKU)