Menuju Perbaikan Pemilu Yang Lebih Baik KPU Kayong Gelar Rakor Evaluasi Keterangan Foto : Ketua KPU Kayong Utara Rudi Handoko menyampaikan dokumentasi rekap data calon Anggota DPRD pada Rapat Evaluasi Pencalonan

Menuju Perbaikan Pemilu Yang Lebih Baik KPU Kayong Gelar Rakor Evaluasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara melaksanakan rapat Evaluasi Pencalonan pada Pemilu 2019, Selasa (12/11) sebagai upaya mendapatkan saran, masukan dan informasi positif untuk perbaikan pelaksanaan Pemilu yang akan datang.

Rapat evaluasi pencalonan melibatkan para Peserta Pemilu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Jurnalis dan Stakeholder terkait ini bertujuan untuk mendapat masukan terkait progress pelaksanaan pemilu terlebih khusus pada tahapan pencalonan.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya mengevaluasi tahapan yang sudah terlaksana, sembari menjaring informasi apa-apa saja yang perlu dilakukan untuk perbaikan dalam pelaksanaan pencalonan anggota DPRD pada Pemilu di masa yang akan datang." Ungkap Ketua KPU Kayong Utara, Rudi Handoko.

Lebih jauh, Ketua KPU Kayong Utara ini menyebutkan, dalam evaluasi tersebut diharapkan dapat disampaikan kritik dan saran konstruktif, berdasarkan apa yang pernah dialami, terutama oleh Peserta Pemilu dan Stakeholder lainnya, baik menyangkut aturan, sistem, pelayanan dan lainnya terkait pencalonan pada pemilu 2019 di KPU Kabupaten Kayong Utara.

Dalam proses rapat evaluasi tersebut, banyak saran dan masukan penting yang disampaikan baik oleh pihak Peserta Pemilu maupun dari Stakeholder, di antaranya seperti yang diungkapkan oleh perwakilan Partai Perindo, tentang pelayanan dokumen dokumen kesehatan, mestinya tidak sesulit sebagaimana di Pemilu 2019, karena Rumah Sakit dibatasi hanya yang terakreditasi oleh Kemenkes, sedangkan itu terbatas, demikian juga dengan Rumah Sakit Jiwa yang hanya ada dua yang direkomendasi, padahal yang memeriksakan diri ribuan orang.

Ketua Bawaslu Kayong Utara Khosen menyampaikan saran dan masukan pada Rapat Evaluasi Pencalonan Pemilu 2019

Ketua DPC PKS Kayong Utara M. Riza Afandi saat menyampaikan saran dan masukan pada Rapat Evaluasi Pencalonan Pemilu 2019