KPU Mulai Rekap Data Pemilih Keterangan Foto :

KPU Mulai Rekap Data Pemilih

Komisi Pemilihan umum Kayong Utara saat ini terus melakukan perbaikan data pemilih dan sudah memasuki tahapan rekap ditingkat Panitia Pemilih Suara (PPS).

Dikatakan Komisioner KPU Kayong Utara, Effian Noer, rekapitulasi data pemilih saat ini sudah dilakukan ditingkat PPS dan secara berjenjang akan dilakukan ditingkat PPK dan terakhir di tingkat kabupaten.

“Dalam penyusunan dan rekap data pemilih hasil penyempurnaan, KPU Kayong Utara mendapat data 11.430 data DP4 non DPT yang perlu dicermati secara bersama,” kata Effian di Kantor KPU jln Bhayangkara Sukadana (5/11).

Menurut Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi tersebut,  sebelumnys KPU  kabupaten Kayong Utara telah melakukan pencermatan awal terhadap data DP4 non DPT bersama Bawaslu Kayong Utara serta Partai Peserta Pemilu.

"kemarin sudh kita adakan pencermatan awal pada tanggal 24 oktober 2018 terhadap daya yg direkomendasikan Nawaslu berjumlah 11.430 pemilih, " akunya Effian kepada awak media.

Dalam prosesnya, menurut dia pemberlakuan data tersebut dibagi beberapa cara yaitu :

Pertama: menyandingkan dengan DPTHP dan data yg sudah di TMS kan selama proses tahapan pemutakhiran data pemilih.

Kedua : menyandingkan dengan DP4.

dan yg ketiga jika tidak ditemukan di DPTHP & DP4, KPU akan menurunkan data tsb kepada PPS melalui PPK untuk divetifikasi faktual.

“Pada saat ini semua proses tersebut telah selesai dilaksanakan, tahapan selanjutnya adalah proses penyusunan & rekap ditingkat PPS dan di PPK.,” imbuhnya.

secara rinci dia menjelakan sesuai jadwal, penyusunan dan rekap DPT HP pada tanggal  5  November  dilakukan ditingkat PPS, sementara di tingkat Kecamatan atau PPK pada 7 – 8 November dan pencermatan kembali secara bersama antara KPU Kabupaten, Bawaslu, Disdukcapil, dan Parpol pada 12 November mendatang sekaligus pleno Penetapan DPTHP-2.

“Selain peserta pemilu, masyarakat juga dapat secara interaktif untuk menyampaikan data diri jika memang dalam aplikasi belum terdaftar sebagai pemilih atau perlu ada penyempurnaan data pemilihnya,” pungkasnya.