KPU KKU adakan Sosdiklih Webinar Goes To School Keterangan Foto :

KPU KKU adakan Sosdiklih Webinar Goes To School

(Sukadana, 15 Oktober 2020).  Dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid19) Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Kayong Utara (KKU) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) KPU Goes To School 2020 dengan menggunakan Media Dalam Jaringan (Daring).

Sosdiklih yang telah dilaksanakan selama dua hari sejak 14 dan 15 Oktober 2020 menargetkan  pemilih pemula dari pelajar SMA Negeri 3 Simpang Hilir dan SMA Negeri 1 Sukadana.

Dikatakan Ketua KPU KKU, Rudi Handoko, Kegiatan Sosdiklih sangat penting untuk mewujudkan pemilih cerdas dan pemilu yang berkualitas sehingga perlu dipahami secara baik dan tepat oleh pemilih pemula terutama pelajar SMA.

Kegiatan yang dilaksanakan secara berturut selama dua hari dengan satu sekolah untuk satu hari kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya KPU untuk tetap memberikan pendidikan kepada masyarakat dengan pemberian materi mulai dari sejarah, mekanisme dan pengertian pengertian umum kepemiluan dan dilanjutkan dengan diskusi serta tanya jawab yang sejatinya dilakukan dengan tatap muka namun terpaksa dilakukan dengan cara daring.

“Pemilih pemula merupakan kelompok potensial  pada setiap kegiatan kepemiluan karena selain sebagai pemilih, kelompok ini berpotensi sebagai penyelenggara pemilu  maupun pihak yang dicalonkan oleh peserta pemilu  dan berpartisipasi dalam politik dan demokrasi,” ucap Rudi Handoko.

Selain itu, lanjut Rudi Handoko, pemilih pemula dari kaum perempuan juga harus memiliki semangat untuk berperan penting dalam politik dan demokrasi dimana dibuktikan bahwa perempuan pernah dan bisa menjadi pemimpin suatu pemerintahan.

Kendati dilaksanakan secara daring, kegiatan Sosdiklih KPU Goes To School 2020 mendapat respon serta sambutan baik dari para peserta kegiatan. (Parmas).