KPU Fasilitasi APK Peserta Pemilu KKU Keterangan Foto : Sosialisasi APK, Doc KPU

KPU Fasilitasi APK Peserta Pemilu KKU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kayong Utara saat ini telah melakukan upaya fasilitasi Alat Peraga Kampanye (APK) bagi peserta pemilu 2019.

APK yang difasilitasi adalah  baliho berukuran 3 X 4 meter sebanyak 10 lembar  untuk parpol dan 10 lembar untuk 10 lembar untuk capres cawapres, serta sepanduk berukuran 1 X 4 meter sebanyak 16 lembar untuk Parpol dan Capres Cawapres dan 10 lembar untuk calon anggota DPD dengan ukuran 1,2 X 4 meter.

“Ini sesuai dengan keputusan KPU Kayong Utara nomor 110/PL.01.5-Kpt/6111/KPU-kab/IX/2018, tentang penetapan jenis, jumlah Alat Peraga Kampanye yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten Kayong Utara dan serta jumlah penambahan serta ukuran alat peraga kampanye oleh peserta pemilu 2019,” kata Komisioner KPU, Nur Mus Jaefah.

 Dalam fasilitasi APK ini, sesuai dengan KPU berdasarkan PKPU nomor 23 tahun 2018 peserta pemilu dimaksud dapat menyampaikan desain grafis yang akan di cetak kepada KPU Kayong Utara yang selanjutnya akan dicetak dan akan diserahkan kembali hasil cetakannya kepada masing masing peserta pemilu.

“Desain teman teman parpol yang membuatnya, kita hanya menerima bahan desain yang sesuai kesepakan telah ditentukan ukuran, volume dan isi materi dalam desain APK tersebut,” imbuhnya.

Dalam proses fasilitasi APK ini, KPU melibatkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kayong Utara untuk dapat bersama sama melakukan pengawasan dan pencermatan terkait isi materi dan kelayakan untuk dapat dicetak menjadi APK.

“Kita tidak bekerja sendiri, Bawaslu juga dimintai tanggapannya terkait layak atau tidak terkait konten dan isi dari APK, jika dirasa memenuhi persyaratan, maka dicetak,” jelasnya.

Terkait proses pencetakan, KPU Kayong Utara melakukan lelang terbuka dan diserahkan kepada pihak ketiga untuk proses percetakannya, dan upaya ini dilakukan secara transparan dan akuntabel. (TIM)