Jadi Rujukan Data Nasional Tingkatkan Kualitas Data DPB KKU Keterangan Foto : Ketua KPU saat memimpin Apel Senin dihalaman Sekertariat KPU KKU. FOTO : KPU KKU

Jadi Rujukan Data Nasional Tingkatkan Kualitas Data DPB KKU

Sukadana (1/2/21). Terus mengalami perubahan positif, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara (KKU) melakukan pembenahan untuk meningkatkan kualitas data Pemilih Berkalanjutan (DPB) 2021.

Dikatakan Ketua KPU KKU, Rudi Handoko, data yang saat ini ada di KPU yang terakumulasi secara nasional di KPU RI sudah diakui memiliki keakuratan yang baik, sehingga kedepan hal ini perlu terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan.

Data pemilih yang dilakukan upaya perbaikan setiap waktu terutama pemutahiran data pemilih yang dilakukan setiap bulan, menurut Rudi Handoko tidaklah cukup hanya data angka saja yang tersaji dengan baik, tetapi juga harus didukung data yang lengkap hingga ditingkat lapangan.

“Data yang dimiliki KKU harus dapat dipertanggungjawabkan kesahihannya, by name by adreas, dan data yang berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) ini penting untuk terus dilakukan pemutahiran,” kata Rudi Handoko.

Saat ini, Kementerian Kesehatan RI sudah menggunakan data milik KPU untuk dijadikan data rujukan untuk digunakan sebagai data di penerima vaksin, dan antara kedua lembaga ini sudah ada koordinasi untuk penggunaan data tersebut.

“Kita pertahankan dan terus tingkatkan data kita, jangan sampai data ini justru ambuladul saat akan digunakan,” tegasnya.

Seperti diketahui, saat ini KPU KKU telah mencatat data pemilih KKU periode 2020 terdapat peningkatan jumlah pemilih dari periode data Pemilu 2019 yang sebelumnya berjumlah 80770 menjadi 89.464. (@kt)