DPB Tahun 2020 KKU 89.464 Pemilih Catatan Pemutakhiran  Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020 Oleh : Effian Noer Keterangan Foto : Effian Noer, S.Ag. Anggota KPU KKU Divisi Program dan Data

DPB Tahun 2020 KKU 89.464 Pemilih Catatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020 Oleh : Effian Noer

Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB)  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabaupaten Kayong Utara (KKU) selama tahun 2020 dapat  dikatakan berjalan dengan baik.  Hal ini tidak lepas dari dukungan semua pihak terkait, selama proses pemutakhiran DPB hingga rapat pleno  terakhir untuk bulan Desember 2020 yang dilaksanakan pada hari kamis, 7 Januari tahun 2021  dilaksanakan di Ruang rapat Kantor KPU jalan Bhayangkara Sukadana.

KPU KKU telah berupaya keras melaksanakan amanat  Undang Undang nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Sesuai dengan pasal 14 huruf l, pasal 17 huruf l dan pasal 20 huruf l yang mewwajibkan KPU Kabupaten/Kota harus memelihara dan memutakhirkan data pemilih secara berkelanjutan, yang ditindaklanjuti  dengan Surat Edaran KPU RI mengintruksikan  KPU Kabupaten/Kota untuk melakukan Pemutakhiran daftar Pemilih Berkelanjutan, yakni surat KPU RI nomor 181/PL.02.1 SSD/01/KPU/II/2020. yaitu  tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan bagi Kabupaten/Kota yang tidak melaksanakan Pilkada,  agar berkoordinasi dengan instansi dan dinas terkait secara berkala, seperti: Disdukcapil, Dinas atau kantor terkait, Bawaslu Kabupaten, Parpol dan masyarakat di wilayah kerja KPU Kabupaten/Kota masing-masing tentang pelaksanaan Pemutakhiran DPB.

Selama proses Pemutakhiran DPB tahun 2020 hingga rapat pleno Bulan Desember tahun 2020 yang ditetapkan pada Rapat Pleno kamis, 7 Januari 2021, KPU KKU telah berupaya dengan berbagai cara diantaranaya dengan membuka Posko Layanan DPB beralamat di Kantor KPU KKU. Setiap hari jam kerja petugas yang ditunjuk stanby untuk melayani konsultasi dan laporan dari masyarakat, instansi terkait termasuk pengurus Parpol. Selain itu melihat peluang medsos yang saat ini sangat digandrungi dan berpengaruh cukup besar secabagai corong informasi, karenanya juga telah melakukan terobosan menginformasikan Pemutakhiran DPB melalui Website KPU KKU, juga dengan beberapa akun seperti medsos FB, Instagram, Twitter dan WA grup, menjadikannya corong informasi Pemutakhiran DPB. Dengan menggunakan medsos sebagai corong informasi, ada beberapa keuntungan diantaranya KPU KKU dapat berhubungan kembali dengan mantan PPK, PPS, Relawan Demokrasi dan beberapa kelompok penggiat demokrasi, organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan serta kelompk disabilitas, sehingga ada timbal balik jalinan komunikasi dalam memaksimakan Pemutakhiran DPB.

Kemudian KPU KKU tetap menjalin hubungan baik dengan Pemkab KKU dan Dinas terkait. Setelah KPU mengadakan pertemuan dan rapat koordinasi dengan Bupati dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, mereka berkomitmen mendukung usaha pemutakhiran DPB yang dilakukan oleh KPU KKU. Hal itu ditindaklanjuti oleh Disdukcapi dengan memberikan Data Pemilih yang dibutuhkan setiap awal bulan yaitu data penduduk cetak KTP, data penduduk yang pindah baik di dalam kabupaten maupun yang pindah ke luar kabupaten Kayong Utara serta data warga  meninggal dunia yang masuk di Disdukcapil. Selain itu  KPU KKU juga sangat aktif menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga terkait seperti Dinas Perhubungan dan Informasi dalam hal pemasangan iklan DPB di TV Tron dan talk show di radio RKU, untuk keperluan menginformasiskan perkembangan Data Pemilih setiap pasca pleno DPB. Hal ini telah disetujui dan mulai tahun 2021 setiap paska Pleno DPB, maka angka-angka hasil pleno pemutakhiran DPB akan  ditanyangkan di TV Tron milik Dinas Perhubungan dan Informasi KKU yang ada persis di simpang tiga jalan Bhayangkara Sukadana serta talk show di Radio RKU.

Selama Pemutakhiran DPB KPU KKU telah mendapatkan data pemilih yang masuk Baik dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil KKU dan tanggapan Masyarakat sebanyak 11.023 pemilih terdiri dari laki-laki berjumlah 5.454 pemilih dan perempuan 5.569 pemilih. Jika ditambah dengan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Ketiga (DPTHP 3) sebanyak 80.770 pemilih terdiri dari 41.346 Pemilih laki-laki dan 39.424 pemilih perempuan maka total pemilih di KKU berjumlah 91.793 Pemilih. Dari data tersebut selama peroses pemutakhiran terdapat 2.329 pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai pemilih, karena faktor meninggal dunia, pindah domisili dan ganda yang harus dikeluarkan. Sehingga data bersih yang ditetapkan pada pleno pada bulan desember sebanyak 89.464 pemilih, terdiri dari 45.889 pemilih laki-laki dan 43.575 pemilih. Jadi terdapat penambahan data bersih selama proses Pemutakhiran DPB KKU berjumlah 8.694 Pemilih, terdiri dari laki-laki sebanyak 4.543 pemilih dan perempuan sebanyak 4.151 pemilih.

Bebagai terobosan lain juga terus dilakukan, seperti menjalin kerjasama yang baik dengan Kapolres, Dandim 1203 Ketapang, Dinas Sosial, kantor Kecamatan dan beberapa Kantor Desa yang terjangkau  termassuk dengan mantan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bekerja di kantor kecamatan dan desa masing-masing untuk mendapatkan data warga pensiunan TNI-Polri, data penduduk yang meninggal dunia untuk keakuratan Pemutakhiran DPB. Selaian itu, KPU KKU menjalin kerjasama yang baik dengan Parpol terutama dengan Pengurus atau LO Parpol yang ditindaklanjuti dengan membuka WA Grup khusus untuk melayani dan berbagi informasi perkembangan DPB KKU.

KPU KKU menyadari berbagai usaha telah dilakukan walau dengan berbagai keterbatasannya, dukungan semua pihak sangat diharapkan, sehingga Pemutakhiran DPB yang dilakukan mampu menyajikan data pemilih yang konprehensif, valid dan mutakhir. *(Penulis adalah Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Kabupaten Kayong Utara)