DPB Butuh Dukungan Semua Pihak Keterangan Foto : Anggota KPU KKU, Effian Noer dan Anggota Bawaslu berkoordinasi pemutahiran data pemilih berkelanjutan, Rabu (1/7). Dok. KPU

DPB Butuh Dukungan Semua Pihak

Sukadana 1/7/2020, Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) di Kabupaten Kayong Utara tahun 2020 tidak dapat dilakukan sendiri tanpa ada dukungan dari semua pihak.
Hal tersebut disampaikan Effian Noer, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara (KKU) saat melakukan kunjungan kerja ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) KKU Jalan Batu Daya 1, Rabu (1/7).
“KPU tidak mungkin bisa bekerja sendiri dalam pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. KPU butuh kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Bawaslu, Partai Politik (Parpol), pemerhati Pemilu serta masyarakat sacara luas terutama masukan-masukannya agar data Pemilih kita valid”
Menurutnya dukungan dan kerjasama dengan Dukcapil mutlak dibutuhkan terutama untuk mendapatkan data Pemilih Pemula dan warga yang pindah domisili. Selain itu menurut Effian, KPU membutuhkan kerjasama dengan Dukcapil terkait sandingan dalam memcocokksan serta memperbaiki elemen data yang kurang lengkap.
“Terkait kerjasama dengan Bawaslu Kabupaten Kayong Utara, kami mengharapkan pengawasan yang maksimal dan koordinasi timbal balik terkait data yang dimutakhirkan,” ungkap Effian.
Rapat koordinasi yang dihadiri Ketua dan dua anggota Bawaslu KKU tersebut, dilakukan menjelang Rapat Pleno Pemutakhiran Daftar Pemilih Pemilu Berkelanjutan yang akan dilakukan tanggal 10 Juli mendatang.
Effian juga menyinggung tentang keterlibatan Parpol dan masyarakat secara luas, mengharapkan masukan-masukan dan laporan terutama warga yang mininggal dunia dan sebagainya.
“Dengan Keterlibatan semua pihak, seberat apa pun pemutakhiran dapat Pemillih Pemilu Berkelanjutan yang dilakukan walaupun dalam situasi Pandemi Covid 19 dapat berjalan dengan baik,” pungkas Effian. (Eq).