Butuh Terobosan Maksimalkan Sosialisasi DPB Keterangan Foto : Komisioner KPU KKU Effian Noer, Gunawan Kadis Kominfo beserta staf membahas Perjanjian Kerja Sama fasilitasi sosialisasi DPB.

Butuh Terobosan Maksimalkan Sosialisasi DPB

Sosialisasi program Komisi Pemilian Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara (KKU) di berbagai bidang sangat penting untuk dilakukan guna menyampaikan informasi-informasi kepemiluan terbaru dari KPU ke masyarakat.

Bentuk program sosialisasi tersebut diantaranya dengan bermitra kepada Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) KKU tentang pemanfaatan salah satu saluran penyampai informasi resmi milik pemerintah ke masyarakat.

Dalam Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB), KPU KKU mempunyai kepentingan berkoordinasi dan bersosialisasi serta menyampaikan informasi perkembangan Data Pemilih kepada masyarakat luas setiap bulan agar tepat waktu termasuk publikasi berupa pengumuman daftar pemilih hasil dari Rapat Pleno Rekapitulasi DPB.

KPU KKU berupaya mengembangkan inovasi untuk mempublikasi hasil pemutakhiran DPB dengan memanfaatkan tempat umum dan strategis yang mudah diakses dan memudahkan masyarakat untuk memberikan tanggapan dan masukan.

Oleh karena itu KPU KKU memandang Diskominfo salah satu instansi pemeritah yang sangat strategis terutama dalam penyampaian informasi tentang Pemutakhiran DPB hingga menjangkau lapisan masyarakat dimana Diskominfo memiliki layanan layanan informasi yang dapat dijangkau oleh masyarakat seperti Lembaga Penyiaran Publik Daerah (LPPD) Radio Kayong Utara (RKU) dan Videotron progtam serta Short Message Service (SMS) menyampaikan perkembangan hasil rekapitulasi Rakor Pemutakiran DPB setiap bulan langsung terkirim ke handphone masyarakat secara luas.

Memandang pentingnya hal tersebut KPU KKU menjajaki Kerjasama tersebut dengan bersurat dan mengadakan pertemuan, koordinasi secara resmi. Ternyata mendapat sambutan yang baik sekali terdapat kesepakatan bahwa Diskominfo menyambut baik upaya saling membangun kerjasama saling menguntungkan untuk kemajuan KKU pada umumnya terlebih khusus menyampaikan informasi tentang kepemiluan kepada masyaarakat.

Diskominfo memerlukan informasi-informasi yang aktual, kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan untuk disampaikan ke masyarakat. Hal ini juga menjadi salah satu tugas pokok dan fungsi keberadaan Diskominfo sebagai penyampai informasi pembangunan ke masyarakat.

Sebagai tindak lanjut Diskominfo akan memfasilitasi penayangan perkembangan pemutakhiran DPB di tahun 2021 melalui Videotron dan memfasilitasi sosialisasi atau talkshow di RKU serta memanfaatkan layanan SMS menyampaikan perkembangan Pemutakiran DPB.

Pada saat ini KPU KKU telah Menyusun Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Diskominfo dan beberapa dinas terkait. Penjanjian ini dapat diberlakukan secara resmi setelah KPU dan Pemkab KKU menandatangani kesepakatan Bersama tentang fasilitasi pemkab dalam penyebarluasan informasi kepemiluan di Kabupaten Kayong Utara.

(Penulis Effian Noer, Komisioner KPU KKU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi)